Lunas Enam Bulan Iuran BPJS Kesehatan, Peserta Aktif Kembali

0
33

 

BARITO UTARA -Badan Penyelenggara Jaminan Sosial(BPJS) Kesehatan, telah mensosialisasikan Program Keringanan Pembayaran Tunggakan JKN (Ralaksasi Tunggakan), ini juga sebagai bentuk menerapkan program relaksasi bagi peserta yang menunggak iuran.

Pendaftaran untuk program tersebut, berlaku sampai Desember 2020.
Melalui program ini, BPJS Kesehatan meringankan beban bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat(JKN-KIS) yang menunggak iurannya di atas enam bulan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Kabupaten Barito Utara(Kalteng), Iwan Adriady dalam acara jumpa Pers dengan media massa di Mayn Cafe, Jumat pagi(4/9/20) mengatakan kepada awak Media, dengan program relaksasi ini juga, status kepesertaan JKN-KIS akan langsung diaktifkan setelah sebelumnya menunggak iuran.

“Program relaksasi ini diperuntukan, bagi mereka yang menunggak iuran enam bulan ke atas, Aturan sebelumnya itu harus lunas semuanya, tetapi dengan program relaksasi cukup bayar tunggakan enam bulan, plus satu bulan berjalan, kepesertaannya  langsung aktif kembali,”bebernya.

Adapun program relaksasi ini diterapkan hingga Desember 2020.

BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh tak mau, jika masyarakat menggampangkan masalah terkait kesehatan, tetapi kepesertan JKN-KIS tidak aktif karena masih  menunggak iuran,”jelasnya.

Menurut Iwan, jumlah peserta BPJS Kesehatan di Barito Utara yang menunggak iuran sudah mencapai 5.346 jiwa. Sebagian besar menunggak lebih dari 24 bulan.

Lanjut Iwan jika dirupiahkan, total akumulasi tunggakan sejak 2015 tercatat sebesar Rp.4,4 Miliar, sampai hari ini sebanyak 24 orang yang telah mendaftarkan diri ikut program relaksasi tunggakan iuran BPJS Kesehatan.

Bagi peserta mandiri maupun badan hukum yang ingin memanfaatkan program relaksasi ini, bisa langsung menghubungi atau mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Khususnya bagi peserta mandiri, bisa mengakses program relaksasi ini melalui aplikasi Mobile JKN yang bisa diunduh melalui Play store maupun App Store.(SS).