Lumajang Bakal Miliki Sirkuit BMX Skala Nasional

0
7

LUMAJANG — Akhir tahun ini, Lumajang akan memiliki sirkuit BMX berskala nasional di kawasan Pemandian Alam Selokambang. Hal itu diungkapkan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di laman media sosialnya, Selasa (13/10/2020).

“Sirkuit BMX. Iya, pembangunan sirkuit standar nasional untuk olah raga BMX Cross sedang dikerjakan di area pemandian Selokambang. Insya Allah akhir tahun ini sudah bisa digunakan,” ungkap Bupati.

Sementara itu di tempat berbeda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Paimin menjelaskan bahwa pembangunan sirkuit saat ini sudah mencapai 60 persen dan direncanakan rampung pada 25 November 2020. Proyek pembangunan akan dilaksanakan bertahap sehingga nantinya sirkuit BMX tersebut menjadi sirkuit BMX berskala internasional.

“Insya Allah nantinya standar internasional, tetapi untuk pemenuhan standarisasinya bertahap, sementara ini proyeksi pembangunannya untuk Pekan Olahraga Provinsi PORPROV 2022,” jelasnya.

Paimin menjelaskan bahwa Lumajang mempunyai banyak penggiat sepeda. Pembangunan sirkuit selain untuk mewadahi para penggiat sepeda juga diharapkan nantinya muncul atlet-atlet sepeda yang mampu mengharumkan Kabupaten Lumajang di kancah nasional maupun internasional.

“Kita membangun sirkuit sepeda dengan mempertimbangkan bahwa Lumajang punya potensi atlet sepeda, kita harapkan nantinya Lumajang Republik Sepeda,” harapnya.

Pembangunan sirkuit di kawasan Selokambang dijelaskan Paimin dimaksudkan tidak hanya untuk memajukan olahraga di Kabupaten Lumajang namun juga untuk memajukan wisata Lumajang. Hal ini sejalan dengan konsep Sport Tourism yang tengah digarap oleh Pemkab. Lumajang dimana venue olahraga ditempatkan dekat dengan tempat wisata seperti halnya Downhill Bike Park di kawasan Siti Sundari.

“Kami menempatkan di kawasan Selokambang untuk mendukung sport tourism, dimana di sekitar Selokambang juga banyak penggiat sepeda BMX, untuk atletnya ada di Kunir dan Yosowilangun,” jelasnya. (red)