Bupati Buka Seminar Online di Hari Santri Nasional Tahun 2020

0
9

LUMAJANG – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq membuka kegiatan web seminar online (webinar) dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2020, yang digelar oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang dari Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Kamis (22/10/2020).

Webinar tersebut bertemakan “Santri Tangguh Di masa Pandemi Covid-19”. Hadir selaku pemateri yaitu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Bayu Wibowo, dan Plt Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lumajang, Santoso.

Bupati Lumajang menyampaikan, di masa pandemi Covid-19 semua pemerintah daerah mengambil kebijakan secara berbeda-beda antara kabupaten satu dengan yang lain, baik dari penangangan secara medis maupun menyelesaikan dampak ekonomi dan sosial.

“Karena Covid-19 tidak ada referensi sebelumnya dan yang akan datang seperti apa, maka hampir semua pemerintah daerah baik bupati, walikota, gubernur bahkan di tingkat nasional ada kegamangan atau kekhawatiran tersendiri dalam mengambil kebijakan untuk penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Lebih jauh, Bupati Lumajang mengatakan, sekolah di pondok pesantren merupakan salah satu model pembelajaran yang benar pada masa pandemi, karena saat berada di pesantren sama halnya dengan melakukan isolasi atau krantina mandiri yang memberikan batasan kepada orang lain agar tidak keluar masuk pesantren dengan leluasa.

“Pesantren harus terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan benar, sehingga saat berada di pesantren anak-anak kita nantinya akan betul-betul menerapkan protokol kesehatan,” pesan Bupati Lumajang.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq melaporkan, kegiatan webinar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2020 yang disiarkan secara live dari facebook dan youtube PKK Kabupaten Lumajang. Ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Lumajang, khususnya bagi para santri yang ada di pondok-pondok pesantren maupun LKSA atau panti asuhan yang ada di Kabupaten Lumajang.

“Terimakasih kepada seluruh pondok pesantren, LKSA maupun lembaga-lembaga pendidikan, juga kepada seluruh TP PKK Kecamatan dan masyarakat yang mengikuti live acara ini melalui facebook dan youtube PKK Kabupaten Lumajang,” pungkasnya.