Bencana Angin Puting Beliung Disertai Hujan Deras, Akibatkan Ratusan Rumah Warga Rusak

0
14

BONDOWOSO- Bencana alam angin puting beliung disertai hujan deras mengakibatkan ratusan rumah warga rusak di wilayah Kecamatan Tapen, Sukosari dan kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso Senin sore (9/11).

Akibatnya sebanyak 257 rumah warga mengalami rusak parah dan ringan.

Informasi yang berhasil dihimpun dari BPBD Bondowoso, ada ratusan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana alam di tiga Kecamatan tersebut. 9 desa di Kecamatan Tapen, 1 Desa di Kecamatan Sukosari, dan 2 desa di Kecamatan Sumberwringin.

Atas keprihatinannya, Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Bupati Salwa Arifin meninjau langsung ke lokasi bencana dan menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada para korban bencana alam angin puting beliung tersebut.

Bupati Salwa Arifin yang didampingi oleh Kepala BPBD Bondowoso Kukuh Triyatmoko menyerahkan bantuan sembako kepada korban tersebut. Dengan diawali dari Desa Gunung Anyar dan dilanjutkan Desa Wonokusumo Kecamatan Tapen. 

“Korban terdampak lainnya di Desa Sukosari, itu dipusatkan di Pucang Anom. Dan korban bencana puting beliung juga dialami oleh warga Desa Tegal Jati, kecamatan Sumberwringin,” papar Kukuh Triyatmoko saat dikonfirmasi.

Lebih lanjug disampaikan, akibat bencana puting beliung yang mengakibatkan ratusan rumah warga rusak, namun ada sekitar 7 rumah yang rusak parah,
yang lainnya rusak ringan dan rusak sedang.

Kukuh Triyatmoko menjelaskan, bahwa setelah pemberian sembako akan dilanjutkan dengan pemberian bantuan stimulan, Akan tetapi, saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan atau perkiraan kerugian, Dari perkiraan itu diberi stimulan 12,5 persen, Hal ini mengacu pada Peraturan Bupati. 

Peraturan Bupati itu, kurang lebih 12,5 persen dari kerusakan. Misalnya kerugiannya ditaksir Rp 20 juta, pemerintah bisa membantu. 12,5 persen untuk per KK itu, pungkasnya. (tim)