Dinas Ketahanan Pangan Lumajang Gelar Pelatihan Olahan Makanan Berbasis Inovasi

0
7

LUMAJANG – Dinas Ketahanan Pangan Lumajang menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat, dalam Pelatihan Olahan Makanan Berbasis Inovasi, bertempat di Desa Umbul, Kecamatan Kedungjajang, Rabu (18/11/2020) lalu.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan semangat masyarakat dari keterpurukan menuju arah ketercukupan dan kemandirian di masa Pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Hertutik menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberdayakan masyarakat terkait ketahanan dan keanekaragaman pangan di Kabupaten Lumajang.

“Lewat Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) digunakan untuk sisi ketenagakerjaan dan kemasyarakatan, kami mengadakan pelatihan olahan makanan berbasis inovasi bagi masyarakat yang terdampak pandemi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Hertutik juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 3 narasumber yang memberikan pelatihan berbagai macam bahan olahan makanan untuk disampaikan kepada masyarakat yang hadir.

“Hari ini, kita akan memberikan pembinaan dan pelatihan cara membuat Pastel Basah Casava Flour yang berbahan dasar tepung singkong, bakso lele, naget lele, rambak lele, opak pisang, keripik pisang aneka rasa dan resep keripik debok pisang,” terangnya.

Selain itu, Hertutik menegaskan, melalui kegiatan pelatihan olahan makanan ini, diharapkan masyarakat bisa berkreasi dalam memenuhi semua kebutuhan pada diri sendiri dan keluarganya.

“Bagaimana masyarakat bisa memperoleh kebutuhan dan penghasilan dari ketrampilan yang telah kita berikan,” harapnya. (bam)