Kapolres Lumajang Kunjungi Pos Pengamatan Gunung Semeru, Pantau Aktivitas Vulkanik

0
16

LUMAJANG – Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Mlillewa, S.H. S.I.K., M.I.K., melaksanakan pemantauan aktivitas Vulkanik Gunung Semeru. Aktivitas Gunung Semeru semakin meningkat, pada Senin pagi (30/11/2020).

Pemantauan dilakukan Kapolres dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang.

Hadir dalam kegiatan terebut, Wakapolres Lumajang beserta jajaran dan petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur.

Dalam kunjungan tersebut Deddy memastikan informasi terkini Gunung Semeru.

“Terdata sejak tanggal 28 November masih aman dan masih waspada. Tidak ada letusan,” kata Deddy, Senin (30/11/2020).

Sementara itu, Mukdas Sofyan pengamat gunung api dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi juga membenarkan guguran lava panas itu masih dalam radius aman.

“Idealnya tiap jam harus ada magma yang keluar. Justru warga sini mengkhawatirkan jika gunung berapi sama sekali tidak menunjukkan aktivitas vulkanik,” ujar Mukdas.

Namun demikian, pihaknya tetap melarang warga untuk tidak beraktivitas di dalam radius 1 kilometer dan wilayah sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif.

Data dari pos pantau Gunung Semeru yang diterima oleh BPBD Lumajang, guguran lava panas itu terlihat jelas dari Desa Curah Kobokan pada Senin pagi (30/11).

Markasan, penduduk sekitar Gunung Sawur mengaku sudah biasa melihat magma yang menyala seperti lava pijar pada malam hari. (duk/bam)