Mbah Barmanto, Pengrajin Kulit di Pantai Parang Tritis Yang Eksis Sejak SD.

0
295

JOGYAKARTA – Pantai parang tritis terkenal keindahan alamnya juga fasilitas pendukung yang cukup memadai, diantaranya kuliner ikan bakar yang banyak berjejer, selain itu juga ada andong dan mobil jeep yang bisa disewa untuk keliling pantai.

Di salah satu sudut pantai Parangtritis, tampak orang tua yang mengapit hasil kerajinan dari kulit kambing yang dibuat tulisan kutipan ayat suci Alquran.

Sebut saja Mbah Barmanto Kulit, berasal dari Bujung Karang asem Desa Ukir Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Jogyakarta. Ia adalah seorang pengrajin kulit yang menekuni usaha kerajinan kulit semenjak SD atau SR pada jaman itu sampai sekarang.

Pria Kelahiran tahun 1949 ini sangat ramah saat menawarkan dagangannya. Kerajinan kulit yang dibuat Mbah Barmanto Kulit ini beraneka ragam, dari mulai wayang, kaligrafi kutipan ayat suci Alquran dan lain-lain. Kesemuanya berbahan kulit kambing.

Mbah Barmanto selain menjajakan sendiri hasil kerajinan kulitnya di obyek wisata Parangtritis juga menerima pesanan dirumahnya, harga yang dipatok pun relatif murah dikisaran harga 100 ribuan saja.

Ketika ditanya terkait usaha kulit yang digelutinya, Mbah Barmanto menjelaskan dalam bahasa jawa halus yang diterjemahkan kurang lebih seperti ini,”Nama saya Barmanto, saya menekuni usaha kerajinan kulit ini sejak SD atau SR. Tempat tinggal saya di Dusun Bujung Karang Asem Desa Ukir Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Jogyakarta. Saya lahir pada tahun 1949, sampai saat ini saya masih menekuni usaha kerajinan kulit.” Jelas Mbah Barmanto sambil membereskan dagangan kerajinan kulitnya.

Luar biasa. Seorang pengrajin yang menekuni usaha kulit sampai usia senja sangatlah langka, beruntung awak media Gempur News dapat mewawancarai Mbah Barmanto. (Edison)