Gerakan Menanam Pohon 2020 : Tumbuhkan Makhluk Berdzikir Untuk Tuhan

0
333

LUMAJANG – Camat Senduro, Mustajib mengungkapkan bahwa kegiatan gerakan penanaman bersama ini, merupakan serangakaian dari peringatan bulan menanam tahun 2020, yang merupakan sinergi dari Pemerintah Kabupaten Lumajang, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS) dan Perum Perhutani BKPH Senduro.

Hal itu diungkapkannya, saat mengikuti acara Gerakan Penanaman Bersama dengan mengusung tema “Menumbuhkan Makhluk Tuhan Yang Berdzikir Untuk Tuhan”, bertempat di Wanawisata Siti Sundari, Desa Burno, Kecamatan Senduro

Lebih lanjut, dirinya berharap dengan adanya penanaman pohon ini menjadikan momen paling penting dalam melestarikan lingkungan sehingga dapat memberikan hasil dan manfaat yang baik bagi masyarakat.

“Semoga upaya kita untuk menanam ini, senantiasa memberikan manfaat, utamanya untuk kemaslahatan warga Desa Burno,” Harapnya.

Sementara, Plh. Kepala Balai Besar TN BTS, Novita Kusuma Wardhani mengungkapkan, bahwa dirinya menyayangkan para oknum yang tidak bertanggung jawab yang telah merusak ekosistem hutan atau menebang pohon sembarangan. Oleh sebab itu dirinya berkeinginan ada sinergitas antara pihak-pihak terkait dan masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan hutan, agar memiliki manfaat yang berguna kedepannya.

“Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan hari ini, yang kita tanam hari ini bisa tumbuh menjadi sumber kehidupan untuk kita semua dan anak, cucu kita,” ungkapnya.

Di sisi lain, Asper Perum Perhutani BKPH Senduro, Lesmana Jaya Putra, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan kegiatan penanaman pohon khususnya di wilayah Desa Kandang Tepus dan Desa Burno tepatnya di lokasi yang berbatasan dengan kawasan Siti Sundari, yang baru selesai melakukan tebangan tanam.

“Kami menanam kurang lebih 1.000 bibit pinus yang berada di lokasi bekas tebangan dan akan kami lanjutkan diakhir tahun,”jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya para anggota Batalyon 527 yang sedang melaksanakan pelatihan di Wanawisata Siti Sundari sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya hutan dalam kehidupan.

Kepala Desa Burno, Sutondo, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara gerakan penanam bersama ini, yang memiliki manfaat serta memberikan edukasi tersendiri terkait penanaman pohon kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Burno, dan oleh karena itu warga sekitar hutan juga semakin mengerti apa artinya penanaman pohon di wilayah Perhutani maupun TNBTS,” ujarnya.

Sutondo berharap dengan semakin berkembangnya Wanawisata Siti Sundari saat ini, menjadi motivasi untuk mengembangkan potensi destinasi wisata di wilayah desa lainnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan menanam Pohon bersama oleh pihak Forkopimca Senduro, Batalyon 527 Lumajang, Balai Besar TN BTS, Perum Perhutani Senduro dan masyarakat di wilayah Perhutani Senduro dengan Jenis tanaman Pinus Merkusi, Cemoro Gunung dan Jenis Tanaman Kresek. (red)