B E R B A G I

0
158

Oleh: H.Buat santoso

Manusia merupakan makhluk sosial disamping sebagai makhluk individu, dalam kehidupan sehari hari tentu saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya, baik dalam lingkup keluarga, lingkungan dan hidup bermasyrarakat.

Tentu juga dipastikan terjadi kesenjangan baik status sosial, pendidikan, bahkan perbedaan ekonomi, akan tetapi hal itu bukan sebagai penghalang untuk saling berinteraksi, sehingga tercipta peradaban yang saling menghargai satu dengan lainnya.

Demikian juga halnya dalam kehidupan bermasyarakat, dibutuhkan sebuah kesepakatan moral yang dalam, sehingga akan tercipta hubungan yang harmonis tanpa ada perbedaan sedikitpun diantara sesamanya.

Sebagai implementasi dari adat ketimuran, disamping untuk selalu menjaga kerukunan dan saling berbagi dengan sesamanya, tentunya juga merupakan kwajiban moral bagi yang mampu untuk menolong yang lemah.

Setiap individu memiliki jiwa dan karakter yang berbeda-beda, akan tetapi sifat kegotongroyongan dan saling empati itu pasti terpatri dalam jiwa seseorang.

Allah menjamin bagi orang yang suka membantu sesamanya, tidak akan mengalami kekurangan dan bahkan hartanyapun makin bertambah.

Dan dalam setiap amal yang dikeluarkan, kita percaya ada manfaat bagi penerima dan pemberi itu sendiri, disamping itu merupakan kwajiban untuk saling berbagi.

Harta yang kita dapat dalam usaha, juga ada hak orang lain yang harus mereka nikmati juga, merupakan perbuatan yang baik dan harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari.

Perilaku saling peduli sesamanya dan saling menolong, jika dilakukan dengan ikhlas dan secara kontinyu, merupakan kenikmatan tersendiri, jika semua itu berjalan secara alami dan menjadi perilaku dalam kehidupandan tentunya akan mendapatkan menfaat yang sangat besar dalam hidup, apalagi hal itu dilakukan dalam setiap langkah dan nafas kehidupan.

Disamping itu ditunjang dengan saling silaturahmi, niscaya akan mendatangkan kebahgiaan yang hakiki.

Budaya adiluhung bangsa kita, yang memiliki jiwa gotongroyong yang sangat kuat dan saling peduli, jika diterapkan dalam kehidupan sehari hari akan menjadi modal dasar kekuatan yang sangat kokoh dalam membangun bangsa ini.

Sebagai anak bangsa tentunya kita wajib menjaga, merawat dan mengimplentasikan dalam kehidupan, karena hal itu merupakan warisan dari nenek moyang kita yang sudah teruji dalam segala situasi.