Kades Tegowangi, Habiskan Waktu Jaga Prokes Warga Desa

0
12

KEDIRI – Kepala Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kuswanto, rela menghabiskan waktunya untuk mengelilingi desanya tiap hari demi mengawasi dan menjaga warganya agar berperilaku menjaga protokol kesehatan.

Pria yang kerap disapa P Kus ini mengaku prihatin dengan pandemi virus Corona atau Covid-19 yang tidak kunjung selesai. Apalagi dirinya dan istrinya, Erna Hidayati, pernah dinyatakan positif Covid 19 beberapa waktu lalu. Namun ia bersyukur karena setelah 14 hari melakukan isolasi mandiri, kemudian hasil cek swab keduanya dinyatakan negatif.

“Alkhamdulillah, melalui cek swab yang dilakukan, hasil kami berdua dinyatakan negatif,” terang Kuswanto kepada Gempur News, Selasa (12/1/2021) lalu.

Ditemui media ini di salah satu warung makan di wilayah Desa Tegowangi, Kuswanto bersumpah akan berusaha semaksimal mungkin untuk membebaskan warganya dari ancaman Covid 19.

“Begini mas, tekad saya adalah berusaha agar keluarga kami bisa terbebas dari paparan Covif 19, mangkanya dalam keseharian tugas saya, 50% terjun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan hal hal yang ada kaitannya dengan persoalan Covid 19 ini,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Kuswanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada kru wartawan gempur news, yang telah berusaha menemui dirinya di sebuah warung makan untuk kepentingan konfirmasi terkait pandemi corona di Desa Tegowangi.

“Untuk standard di alam covid 19 ini, masyarakat saya minta menjaga jarak dan memakai masker. Selalu mencuci tangan dengan sabun. Didalam ruangan warung pun saya instruksikan untuk mengurangi pengunjungnya hingga separuh, menjaga jarak minimal 1 meter,” ungkap Kuswanto

Kuswanto juga menyebutkan, berhari-hari dirinya selalu bergandengan dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk keliling desa, melakukan pengawasan jangan sampai ada yang melanggar protokol kesehatan.

“Ya beginilah mas yang harus kami lakukan setiap hari, karena sebenarnya masih banyak yang belum mengerti tentang protokol kesehatan,” ujarnya lebih lanjut.

“Alhamdulillah setelah kita beri pengertian tentang itu, akhirnya banyak juga masyarakat yang melaksanakan program kesehatan,” imbuhnya sambil pamit mohon ijin melanjutkan tugasnya mengelilingi desa.

Di tempat terpisah salah satu warga yang tidak mau disebut namanya mengakui kehebatan sosok Kepala Desa Tegowangi. Pasalnya, Kades Kuswanto selalu aktif dan tulus dalam mengurus desanya.

“Bapak kepala desa memang hebat mas, setelah dia mengalami positif covid 19 dan sembuh, dia langsung menggerakkan pemerintah desa mulai dari RT-RW dan perangkat desa, untuk memperhatikan masyarakatnya selama covid-19 ini,” ujar dia.

“Setelah sembuh, beliau langsung gerak lebih banyak di luar kantor desa, dan selalu pindah-pindah ke warung-warung, dan selalu kontrol kondisi dusun dusun. Ya begitulah mas aktifitasnya. Semoga saja covid 19 ini segera berakhir ” tambahnya. (rdy)