Sekda Buka Kegiatan Pasar Tani di halaman Dinas Pertanian Barut

0
28

BARITO UTARA – Kegiatan Pasar Tani hasil produksi lokal ditandai dengan pemotongan pita dan telah resmi dibuka, oleh Sekretaris Daerah Barito Utara, Ir. H. Jainal Abidin, M.AP, disaksikàn beberapa Kepala Perangkat Daerah dan FKPD, digelar di halaman Kantor Pertanian Kabupaten Barito Utara, Jumat (19/2/21). 
 
Pasar Tani ini akan terus berkelanjutan kedepan setiap Hari Jum’at. Menjual berbagai macam jenis sayur-sayuran dan buah-buahan serta berbagai macam olahan herbal seperti, ekstrak jahe, madu jahe dan olahan hasil pertanian lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Syahmiludin A. Surapati melaporkan, kegiatan pasar tani ini untuk dipublikasikan serta mengangkat produk lokal di Kabupaten Barito Utara.

” Di pasar tani ini akan dilakukan pembinaan kepada petani untuk terus memacu produk lokal, agar dapat bersaing dengan produk luar daerah sehingga, memiliki kualitas yang baik pula,” kata Syahmiludin. 

Dikatakannya kedepan, petani akan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kepemudaan dan olahraga, baik dalam hal memasarkan produk maupun budidaya hasil pangan, agar generasi muda juga ikut terpacu dalam hal peningkatan ekonomi dan juga produksi lokal.

Sekda Barito Utara,Ir.H. Jainal Abidin, dalam kegiatan tersebut memberikan support kepada Dinas Pertanian yang sudah menggagas kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik.

“Ini adalah suatu inovasi bentuk wujud nyata Pemeritah Daerah dàlam memberi dukungan kepada petani,untuk pengembangan produk unggulan,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya mendorong agar terus meningkatkan serta mengembangkan olahan Pertanian ikan dan pangan, kerajinan tangan dan budaya untuk dijual.

Pada sentral pasar terkoordinir sehingga sektor pertanian, dapat menopang kebutuhan masyarakat dan meningkatkan ekonomi, terkhususnya petani sehingga kita tidak harus bergantung pada daerah lain.

“Nantinya Barito Utara, akan menjadi daerah mandiri dalam hal pangan. Kedepannya hasil produksi daerah bisa dipasarkan di Bandara Baru Haji Muhammad Sidik dan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin (Kalsel), agar hasil produksi tani Barito Utara dikenal di daerah luar,” harap Sekda. (SS).