PKM Integratif Universitas Widyatama, Bina 7 Desa Di Kecamatan Parongpong

0
101

BANDUNG —
Mengawali Tahun Ajaran Genap 2020/2021 Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Widyatama Bandung melakukan kegiatan program Bina Desa ke wilayah Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, (25/2/2021).

Terdapat 7 desa binaan yang akan menjadi fokus binaan dengan menitikberatkan pada kemandirian masyarakat secara ekonomi, sosial serta budaya selaras dengan UU Desa No.16 Tahun 2014.

Program ini merupakan implementasi dari roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Widyatama serta sebagai perwujudan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tengah digalakkan oleh Kemendikbud akhir-akhir ini

Adapun desa tersebut adalah Desa Karyawangi, Desa Cihanjuang, Desa Cihanjuang Rahayu, Desa Cihideung, Desa Ciwaruga, Desa Cigugur Girang dan Desa Sariwangi.

Telah dilakukan observasi terhadap 3 desa yang mana akan menyusul dalam waktu dekat ke desa lainnya.

Diantara sasaran program berkait peningkatan ekonomi masyarakat itu diantaranya membangun bidang layanan sistem informasi terpadu berbasis DESA DIGITAL yang akan di gawangi Fakultas Teknik (FT)

Dalam bidang ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengembangkan Bumdes terpola dan terstruktur dengan melatih SDM yang terampil dan profesional. Program INKUBATOR BISNIS dgn mengimplementasikan 10 pilar bisnis untuk menghasilkan wirausahawan baru yang profitable.
Fakultas Bahasa (FB) akan meluncurkan program DESA LITERASI DAN WISATA dengan memberikan pemberdayaan penyuluhan, dan pelatihan khususnya kepada para pemuda karang taruna agar mereka melek bahwa potensi alam, seni, budaya serta SDM yang mereka miliki dapat memiliki nilai ekonomis.

Sedangkan urusan untuk meningkatkan kreatifitas dan produktifitas, Fakuktas Desain Komunikasi Visual (FDKV) akan menjadi ujung tombak sebagai garda bagaimana memajukan barang dan jasa menjadi punya nilai jual. Programnya membuka KLINIK DESAIN, dimana masyarakat dapat berkonsultasi dan terapannya, seperti merancang kemasan untuk UMKM yang baik dan tepat sasaran terhadap konsumennya.

Pertemuan yang di lakukan di Aula Desa Ciwaruga beberapa hari yang lalu telah menjadi momentum tonggak kemajuan Kecamatan Parongpong.

Disaksikan lansung oleh Camat Parongpong Drs.Iwan Mustawan Azis., M.Si beserta aparat desa yang mewakili pada pertemuan  berkelanjutan itu telah membawa atmosfir baru untuk bersaing secara kompetitif para pelaku usaha dan jasa di sekitar wilayah kecamatan tersebut.
Sumber : FDKV UTAMA/DM.

(Achmad/Edison)