Penyaluran BLT di Desa Sumbermujur Terapkan Prokes Ketat

0
44

CANDIPURO – Pemerintah Desa Sumbermujur menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Bulan Pebruaru Tahun 2021, Selasa (11/5/2021), bertempat di Balai Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Lumajang.

Dalam penyaluran bantuan ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) yang sangat ketat. Penerima bantuan diwajibkan datang menggunakan masker, kemudian cuci tangan dan menjaga jarak saat proses antri maupun pengambilan dana tersebut.

Kepala Desa Sumbermujur, Safi’i mengatakan penyaluran BLT yang diselenggarakan di Balai Desa ini merupakan penyaluran periode bulan Februari. Sebanyak 147 KPM menerima bantuan sebesar Rp 300.000 ini.

Ia berharap, adanya bantuan ini bisa meringankan sedikit beban ekonomi masyarakat. Kemudian KPM juga bijak dalam menafaatkannya yaitu untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Namun demikian Kades Safi’i juga berpesan agar KPM yang hadir saat ini menyampaikan kepada warga yanf di rumah tentang pentingnya menjaga kesehatan.

“Setelah sampean nyampe di rumah nanti, tolong sampaikan pesan dari saya ini, tetapi jangan salah menyampaikannya,” kata Safi’i.

“Misal, tahun ini Sholat Idul Fitri tetap diperbolehkan, tetapi harus tetap mengedepankan protokol kesehatan. Nanti keliru ngomong kata P Inggi Sholat Id tahun ini dilarang. Jangan begitu, bisa berabe saya nanti,” kata Kepala Desa sedikit bercanda.

“Pandemi covid19 memang berdampak pada urusan ekonomi yang membuat turunnya tingkat pendapatan semua orang. Tidak sedikit warga yang harus kehilangan pekerjaan, termasuk tempat wisata juga ditutup. Ya mau gimana lagi ,” imbuhnya.

“Kami selaku Kepala Desa Sumbermujur memiliki komitmen dalam semua kegiatan kemasyarakatan tetap menerapkan protokol kesehatan. Memang, ada saja warga yang bandel tidak mematuhi aturan prokes,” ucap Kades.

Sementara Kapolsek Candipuro, AKP Sajito SH, MH dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mengaktifkan posko PPKM yang ada di Desa Sumbermujur ini.

“Ya tolong aktifkan posko PPKM gunanya untuk mengetahui pendatang dan Melaporkan kepada RT dan melaporkan ke Puskesmas serta pendisiplinan prokes 3M dan lakukan pendataan terhadap warga yang terpapar virus covid 19 dan lakukan 3T (Testing, Tracing dan Treatment ),” ujar Kapolsek Sajito.

Disamping itu Sajito juga menyampaikan himbauan agar seluruh warga Desa Sumbermujur ini tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu menjaga 3M guna mencegah penyebaran virus covid 19.
Kontributor : Markasan.