Paguyuban Perkasa Jember Rayakan Idul Adha dengan Berbagi Uang

0
37

JEMBER – Pada setiap Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, Paguyuban Perkasa Jember biasanya memotong hewan qurban sapi. Namun pada hari raya idul Adha 1442 H atau tahun 2021 ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan juga berbeda dengan yang lain.

Khusus Hari Raya Idul Adha tahun ini Paguyuban Perkasa berbagi dengan uang 100 ribu per orang.

“Kegiatan Idul Adha tahun ini, karena masih pandemi kita menjaga dan di Jember masuk zona hitam, jadi kita mengantisipasi dengan berupa uang,” terang KH Mas Bin, Pembina Paguyuban Perkasa, Selasa (20/7/2021).

Uang yang dibagikan sebesar 100 ribuan dengan target sebanyak 1200 orang melalu pemberian kupon.

Saat penukaran kupon, tidak ada kerumunan, panitia juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena setiap pemegang kupon wajib memakai masker dan dicek suhu badannya. Selain itu juga sebelum memberikan kupon pada panitia, tangannya disemprot dengan hand sanitizer.

” Pembagiannya dengan kupon, kupon ditukar langsung diberikan uang dalam amplop sebesar 100 ribu untuk disampaikan pada saudara- saudara kita,” jelasnya.

Kakak kandung artis nasional, Dewi Persik ini beralasan mengapa yang diberikan uang bukan daging, menurut nya, karena Jember masuk zona hitam.

Kalau tidak masuk zona hitam tetap berqurban. Meski tidak berbagi dengan
daging qurban tapi nilai uangnya juga senilai dengan harga daging.

“Yang sampai pada Allah itu bukan daging dan darahnya tapi taqwa nya. Substansinya di sana. Semangat berqurban untuk memperhatikan kaum miskin,” imbuhnya.

Harapan kedepan, ditambahkan pula, meski berbagi dengan uang tapi dengan semangat untuk berqurban.

“Insya Allah tahun depan kalau pandemi sudah teratasi dengan baik, kita kembali ke semula yaitu berbagi dengan daging qurban. Dengan uang 100 ribu yang nilainya hampir sama dengan nilai daging qurban yang diberikan tapi karena masih pandemi covid-19, berbagi dengan uang selain selesai lebih cepat, tenaga yang dibutuhkan lebih sedikit dan tidak menimbulkan kerumunan,” pungkasnya dalam acara yang berlangsung mulai jam 09.00 hingga 14.00 wib. (son)