Pasien Covid yang Ditolak Beberapa Rumah Sakit di Kota Cimahi Akhirnya Meninggal Dunia

0
43

CIMAHI – Pasien yang ditolak oleh beberapa rumah sakit di Kota Cimahi akhirnya menghembuskan napas terakhir di kediamannya.

Pasien tersebut adalah Dewi Saripah yang beralamat di kampung Ciputri RT 06 RW 05 Kelurahan Cigugur Tengah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi.

Sebelumnya, Dewi Saripah dilarikan ke beberapa rumah sakit yang ada di Kota Cimahi, karena diindikasikan terpapar virus corona.

Namun Dewi Saripah terpaksa dibawa pulang karena tidak menemukan rumah sakit yang mau merawatnya.

Dari sejumlah rumah sakit yang dituju Dewi Saripah, semua menyatakan penuh.

Akibatnya, setelah dibawa kembali ke rumahnya oleh keluarga, Dewi Saripah menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa (20/07/2021) sekitar pukul 20.00 WIB akibat tidak mendapat bantuan medis.

Menurut salah seorang sumber yang enggan disebut namanya, kejadian penolakan pasien oleh rumah sakit sering terjadi, khususnya ketika masa pandemi seperti saat ini.

Masih menurut sumber tadi, pihak rumah sakit sering berdalih dengan berbagai alasan yang terkadang kurang logis.

Sumber tadi menjelaskan, padahal dalam UU Kesehatan no.36 tahun 2009 Pasal 32 ayat (2), berbunyi “Dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan, baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta dilarang menolak pasien dan/atau meminta uang muka”

Sementara itu, masih kata sumber tadi, dalam Pasal 190 ayat (1) menyatakan “Pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan dan/atau tenaga kesehatan yang melanggar pasal 32 ayat 2 itu, dipenjara maksimal 2 tahun dan denda maksimal 200 juta”. Sedangkan pada ayat (2) berbunyi “Jika nenyebabkan kematian, dipenjara maksimal 10 tahun dan denda paling banyak 1Miliar.

Menanggapi kejadian tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi melalui aplikasi Whatsapp hanya menjawab dengan ucapan turut berduka cita belaka.

“Innalillahi Wainnailaihi rojiuun, turut berduka cita 🙏
Semoga almarhumah diampuni dosanya, diterima amal ibadahnya dan menjadi ahli Syurga. AmiinYaaRabbal alamin.
Mohon maaf Ibu Dewi tidak dapat terfasilitasi mendapatkan perawatan di Rumah Sakit. Semoga RS di kota Cimahi dapat menambah TT sehingga masyarakat dapat terfasilitasi mendapatkan pelayanan Rawat inap” tulisnya dalam pesan Whatsapp.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada terkonfirmasi jawaban dari Kadinkes Kota Cimahi maupun dari pihak RSUD Kota Cimahi. (Achmad Edison)