SAF 2021, Upaya Bangkitkan Budaya Minangkabau

0
85

SUMATRA BARAT – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Agam, Isra membuka Silek Arts Festival (SAF) tingkat Provinsi Sumatra Barat 2021, di Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (24/8/2021).

Kadisdikbud menyampaikan bahwa, bupati mengapresiasi dan mengaku bangga kepada peserta yang berpartisipasi dalam rangkaian SAF yang digelar 24-25 Agustus 2021.

“Melihat geliat silek tradisi Minangkabau sebagai salah satu jati diri, maka kebanggaan dan seni bela diri merupakan sebuah upaya masyarakat dalam membangkitkan budaya lokal,” ujar Kadisdikbud, mewakili Bupati Agam Andri Warman.

Hal ini karena pengetahuan dan ekosistem silek bagian dari akar kebudayaan di Minangabau, jadi sangat penting dibangkitkan kembali di tengah masyarakat salah satunya melalui Silek Arts Festival.

“SAF merupakan platform Indonesia yang dilaksanakan Pemprov Sumbar dan didukung Kemendikbud Ristek, dengan konsep gotong royong dan memberdayakan ekosistem kebudayaan yaitu pemerintah, seniman, budayawan, akademisi, swasta, dan masyarakat,” jelas Kadisdikbud Agam, Isra.

Ia berharap, SAF dapat memperkuat silek sebagai warisan budaya Minangkabau, yang menjadi sumber kearifan lokal dan nilai kehidupan masyarakat, dalam menjawab tantangan masa depan bagi generasi muda.

Dalam momen HUT ke-76 RI ini, ia mengajak untuk jadikan SAF sebagai salah satu ajang bentuk kepedulian semua pihak, terhadap warisan budaya Minangkabau.

“Apalagi silek merupakan budaya yang lahir turun temurun sejak dahulu hingga kini,” katanya.

Selain membangkitkan budaya, menurutnya SAF ini juga bagian dari upaya untuk promosi daerah disegi kultur dan budaya, yang akan berikan nilai dan kesan tersendiri terhadap masyarakat.

SAF tahun ini digelar di enam kabupaten kota di Sumbar seperti, Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Agam, Kota Padang, Kota Payakumbuh dan terakhir di Kabupaten Pasaman Barat. (MC Agam)