Kanwil BPN Jawa Timur Serahkan Sertifikat Tanah Aset Pemkab ke Bupati Jember Secara Simbolis

0
352

JEMBER – Kepala BPN Jawa Timur Ir. H. Jonahar, M. Ec., Dev menyerahkan sertifikat atas aset Pemkab Jember yang diwakili oleh Bupati Jember Ir Hendy Siswanto secara simbolis di pendopo Wahyawibawagraha pada Selasa (14/08/2021)

Dalam sambutannya Kepala Pertanahan Jawa Timur mengatakan akan memproses Setifikat tanah yang telah di daftarkan oleh Pemkab Jember melalui BPKSDA.

Sesuai data yang masuk ada 1200 data aset jember yang akan disertifikat.

Untuk tahun ini ditargetkan selesai 400 Sertifikat. Sedangkan sisanya akan selesai sampai 2022.

“Terima kasih atas kesediaan bapak bupati, untuk mendata dan mengukur aset aset kabupaten Jember yang akan didaftarkan ke BPN.Kami akan memfasilitasi melalui BPN Jember untuk segera melakukan pendataan, mengukur dan menyelesaikan jumlah 1.200 A
Aset pemkab yang akan disertifikat,” kata Jonahar.

Sementara dalam sambutannya Bupati Hendy mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan dan sudah mendaftarkannya.

“Walaupun data-datanya kurang lengkap, akan kita daftarkan dulu untuk diproses dengan tujuan agar nantinya segera tersertifikat dan tidak dikuasai oleh pihak swasta. Kita sudah berkoordinasi dengan BPKSDA untuk melakukan pendataan dan pendaftaran walaupun banyak dari persyaratan kita yang kurang lengkap yang penting daftar dulu untuk diproses kelengkapannya menyusul, agar supaya tidak dikuasai pihak lain” ungkap H. Hendy

Bupati juga menambahkan akan menyelesaikan sertifikat tanah di pesisir pantai, mengingat sekarang BPN, Pemkab dan KPK berkolaborasi untuk pendataan aset tiap – tiap kabupaten agar tidak terjadi pengerjasamaan aset dari pemkab yang tidak diketahui BPKSDA dan juga Pemerintah.

“Kita akan secepatnya menyelesaikan sertifikat tersebut, mengingat akan diadakan pendataan aset antara pemkab jember, BPN dan juga KPK,” pungkasnya. (sonz)