Paripurna I DPRD Pidato Pengantar Bupati,Raperda Hukum Adat di Bacakan Wabup

0
74

BARITO UTARA-Bupati  Barito Utara, H. Nadalsyah sampaikan pidato pengantar yang dibacakan melalui Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra,SH terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat Hukum Adat di Kabupaten Barito Utara, Pada rapat Paripurna  I masa sidang III tahun 2022 di ruang sidang Paripurna DPRD Barito Utara,Senin (1/8/2022). 

Rapat dipimpin oleh Wakil ketua I DPRD, Parmana Setiawan, ST didampingi Wakil Ketua II DPRD,Sastra Jaya, Sekretaris Daerah, Drs. Muhlis serta dihadiri oleh seluruh anggota DPRD yang tergabung dalam Komisinya masing-masing, FKPD dan Kepala Perangkat Daerah.

“Penyampaian Pidato Bupati Barut, mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pengakuan dan  perlindungan masyarakat Hukum Adat ini, dibacakan melaui Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra.

Ini Merupakan implementasi Undung-undang nomor.23 tahun 2014 tentang Peraturan Daerah (Perda).
Undang-undang tersebut menyatakan, bahwa salah satu tugas dan wewenang Kepala Daerah, adalah mengajukan Rancangan Peratuaran Darah (Raperda) dan menetapkan Perda yang telah mendapat persetujuan bersama DPRD.

Selanjutnya Wabup Sugianto,mengatakan secara khusus kita berharap,bahwa Perda yang diajukan ini, bertujuan untuk lebih meningkatkan penyelenggaraan Otonomi daerah yang luas,nyata dan bertanggungjawab sebagaimana diamanantkan oleh peratuaran Perundang-undangan yang berlaku.

Terkait dengan Raperda,tentang pengakuan dan perlindungan Hukum Adat.Pengajuan Raperda tersebut merupakan upaya kita bersama, untuk menata perangkat hukum yang diperlukan dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah, pembangunan dan pembinaan masyarakat di Kabupaten Barito Utara,”tutup Wabup Sugianto.  

Dikarenakan pendemi Covid- 19 masih belum sirna,maka penyerahan pidato pengantar Bupati Barito Utara terhadap Rancangan Peraturan Daerah  (Raperda) tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat Hukum Adat di Kabupaten Barito Utara,diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Barito Uatara, Sugianto Panala Putra kepada Wakil Ketua I DPRD, Parmana Setiawan.  (SS)