DPRD Barut. Gelar Rapat Paripurna I, Eksekutif sampaikan Nota Keuangan APBD 2024

0
78

BARITO UTARA- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara (Kalteng) menggelar Rapat Paripurna I masa sidang I. Pidato Pengantar Bupati Barito Utara, dalam rangka penyapaian nota keuangan dan rancangan Aggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Barito Utara tahun anggaran 2024, dilangsungkan pada ruang sidang paripuran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Rabu (15/11/2023).

Dari Eksekutif yang hadir dalam rapat paripurna I masa sidang I, Pj. Bupati Barito Utara, Sekda Barut, Staf Ahli Bupati, Kepala Perngkat Daerah, Para Asisten Sekda, FKPD serta Instansi Vertikal Barito Utara.

Rapat Paripurna I masa sidang I, dipimpin oleh Ketua DPRD Barito Utara, Ir. Hj. Mery Rukanini, M. IP didampingi Wakil Ketua I, Parmana Setiawan, ST dan Wakil Ketua II, Sastra Jaya serta seluruh anggota Dewan dari masing- masing Komisi I, II dan Komisi III.

“Sesaat pergelaran Rapat Paripurna I masa sidang I dibuka oleh Ketua DPRD Barito Utara, Mery Rukaini, mengatakan bahwa anggota yang hadir pada saat Sidang Paripurna I ini, telah memenuhi Khorum dan juga terbuka untuk umum.

Maka Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam hal ini, Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis dalam Pidato pengantarnya,  menyampaikan bahwa sesuai dengan amanat Undang- undang nomor. 17 tahun 2023 tentang keuabgan negara, Undang- undang nomor. 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan peraturan Pemerintah nomor. 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah. bahwa sebelum APBD ditetapkan pemerintah daerah terlebih dahulu menyampaikan nota keuangan beserta Rancangan APBD kepada DPRD untuk dilakukan pembasan.

“Dikatakan Pj. Bupati Barut, penyampaian nota keuangan ini merupakan agenda tahunan, sebagai manifestasi dari siklus anggaran yang memiliki nilai strategis bagi kelangsungan roda pemerintahan.

Lanjut Muhlis. Pemkab Barito Utara melaksanakan penganggaran yang berbasis kinerja, sehingga penyusunan Rancangan APBD Barito Utara tahun anggaran 2024 kita tempuh melalui tahapan- tahapan, berikut ini. Pertama penjaringan aspirasi masyarakat (Jaring Asmara) melalui kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Desa, Kelurahan dan musrenbang Kecamatan, dilajutkan dengan musrenbang Kabupaten. Kemudian melalui musrenbang Provinsi dan musrenbang tingkat nasional, khusus untuk program dan kegiatan yang diusulkan di danai dari APBD Provinsi dan APBN.

Selanjutnya pengajuan Rancangan APBD kepada DPRD Barito Utara, untuk dibahas hingga dapat disetujui bersama. Tahap terakhir adalah Rancangan APBD yang telah diaetujui DPRD Kabupaten Barito Utara tersebut, diajukan ke Gubernur Kalteng untuk dievaluasi, “jelas Muhlis dalam pidato Pengantarnya.

Penyusunan Rancangan APBD Barito Utara, tahun anggaran 2024 mengacu kelima prioritas pembangunan daerah antara lain, yaitu Infrastrutur dan energi, pendidikan dan kesehatan, peningkatan ekonomi masyarakat, Sosial budaya, pariwisata, lingkungan hidup dan reformasi birokrasi serta tata kelola pemerintah yang baik, “tutup Pj. Bupati Barut, Muhlis.   (SS)