Dukung Operasi Yustisi, Polres Pasuruan Kerahkan Covid Hunter

0
20

PASURUAN – Aparat di Kabupaten Pasuruan, mulai bertindak tegas dalam Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, dengan menggelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19, di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan.

Untuk mendukung pelaksanaan operasi yustisi tersebut, Kepolisian Resort (Polres) Pasuruan, pada Kamis (17/09/2020), bertempat di halaman Mapolres, meluncurkan program atau melaunching Mobile Covid Hunter atau pemburu pelanggar protokol kesehatan Covid-19.

Launching Mobile Covid Hunter tersebut dipimpin oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Rofik Ripto Himawan, bersama TNI, dan Pemkab Pasuruan, yang ditandai dengan pemberangkatan rombongan Covid Hunter yang akan melaksanakan kegiatan operasi.

Kapolres AKBP Rofik, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka menindak lanjuti Instruksi Presiden (Inpers) Nomor 6 tahun 2020, tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. dan Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Timur Nomor 53 tahun 2020, tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Sementara, Operasi Yustisi mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Pelindungan Masyarakat, dan bagi yang melanggar akan diberikan sanksi sesuai peraturan tersebut.

“Operasi Yustisi dilaksanakan anggota gabungan dari Kepolisan, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan dengan sasaran masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Operasi Yustisi tersebut, Polres Pasuruan mengerahkan mobil patroli yang bernama Mobile Covid Hunter atau Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19.

“Mobile Covid Hunter ini untuk mendukung kelancaran Operasi Yustisi. Mobile Covid Hunter ini akan berpatroli untuk menyasar masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar, untuk dilakukan penegakan hukum sesuai Perda,” pungkas Kapolres.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, sangat mengapresiasi langkah kepolisian khususnya Polres Pasuruan dalam menegakkan protokol kesehatan sesuai dengan Inpres nomor 6 tahun 2020. Karena dengan bekerjasama nantinya bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona di Pasuruan.

“Ini tindak lanjut Inpres nomor 6 tahun 2020. Jadi Polres Pasuruan meluncurkan mobil Covid-19 Hunter untuk menegakkan protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Pasuruan. Ini juga membuktikan kita dari pemkab terus bersinergi bersama TNI dan Polri untuk memutus penularan Covid-19,” tegas Bupati. (qomar)