Dinas Pertanian Dan Peternakan Pemkab Bondowoso Gelar Kontes Ternak Tahun 2020

0
26

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan menggelar Kontes Ternak Tahun 2020, di Lapangan Sekarputih Kecamatan Tegalampel Rabu (30/9/2020).

Kontes Ternak ini sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Puncak kontes tersebut, dihadiri langsung oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin. 
Dalam kesempatan itu, Bupati Salwa meninjau langsung sapi hasil inseminasi buatan, yang diikutkan kontes.

Dalam sambutannya, Bupati Salwa mengatakan, bahwa kontes ini, merupakan upaya pemerintah untuk mendorong para peternak dan meningkatkan mutu genetik sapi ternak, melalui Inseminasi Buatan (IB).

“Dengan dilombakan maka makin banyak perternak memelihara sapi. menggugah minat untuk menciptakan bibit yang lebih baik lagi,” paparnya.

Menurutnya, sapi-sapi Bondowoso telah berkembang dan menjadi sapi-sapi unggul berkat penerapan inseminasi buatan yang selama ini dilakukan. 

Bupati Salwa berharap peternakan di Bondowoso semakin berkembang.

“Ke depan mudah-mudahan bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas genetiknya,” harapnya.

Dari informasi, tidak semua ternak bisa diikutkan, sebab ada tim seleksi di lapangan. Kemudian, yang lolos seleksi maka akan diikutkan di kontes.

Karena saat ini masa pandemi covid – 19
untuk menghidari kerumunan peserta kontes, akhirnya panitia kontes ternak membagi empat tempat yaitu di keswan besuk, keswan Tamanan, keswan Curahdami dan seremonial di Tegalampel.

Kontes Ternak sapi Tahun 2020 yang digelar Pemkab Bondowoso  dibagi ke dalam empat kategori. Yakni pedet betina, pedet jantan, induk dan sapi kereman. Masing-masing kategori diambil juara 1,2 dan 3, lalu diambil juara umum.

Dalam penyeleggaraan kontes tersebut tetap mengedepankan prosedur protokol kesehatan (dar)