Bangun Eksistensi LSM LIRA, Bupati Instruksikan Profesionalitas Kerja

0
15

LUMAJANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Lumajang menggelar rapat kerja (Raker) di Rumah Makan Pondok Asri, Sukodono Lumajang, pada Rabu, 2 Desember 2020.

Selain penyampaian hasil kinerja, pada raker yang dipimpin oleh Bupati LIRA Kabupaten Lumajang, Angga Dhatu Nagara juga membahas program kerja tahun mendatang.

Dalam paparan awalnya, Angga Dhatu menyebutkan “Visi 2020 LSM LIRA” yang kini harus disosialisasikan adalah “Profesional, Modern dan Mandiri”.

Lebih rinci Angga menjelaskan, pada era revolusi industri 4.0, setiap organisasi perlu mengkonsolidasikan diri agar tidak tergilas oleh perubahan, kemajuan dan perkembangan yang sangat dinamis dan cepat.

“Untuk itu dengan “VISI 2020 LSM LIRA” ini seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa hingga RT dan RW LSM LIRA harus meningkatkan kemampuannya secara profesional, modern dan mandiri. Hal itu mutlak dibutuhkan,” tegas Angga.

Masih kata Angga, pengelolaan program LSM LIRA juga harus dilakukan secara modern dengan memanfaatkan kemajuan tehnologi di era revolusi industri 4.0.

“Diharapkan, dengan memanfaatkan teknologi digital, LSM LIRA bisa bersinergi dengan kaum millenial, mahasiswa, pemuda maupun instansi pemerintah, ormas, NGO, media maupun perusahaan swasta dan BUMN. Ditengah kemajuan teknologi digital banyak peluang membuat program yang modern serta dapat disinergikan dengan berbagai pihak,” jelasnya.

Dikatakannya juga, tuntutan pengelolaan organisasi harus dilakukan secara profesional, agar setiap pengurus memiliki standarisasi pengelolaan program yang terukur.

“Seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa hingga RT dan RW LSM LIRA harus memiliki program minimal dua program utama setiap tahun selain program rutin. Ini bertujuan membangun eksistensi LSM LIRA baik di masyarakat, mitra maupun pemerintah,” pungkas Angga Dhatu Nagara. (gus)