Budidaya Ikan Lele Kangkung, Dinas Perikanan Banyuwangi Gelar Bimtek

0
17

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Azwar Anas menghimbau untuk gemar mengkonsumsi ikan. Kemudian pihaknya mengajak warganya melakukan budidaya. Caranya pun cukup kreatif, yakni dengan menggunakan Bak Daya Lekung (Budidaya Lele Kangkung). Warga bisa beternak ikan lele dan menanam sayuran dalam sebuah bak (timba besar).

Atas program tersebut Dinas Perikanan Banyuwangi akhirnya melakukan pelatihan budidaya ikan lele kangkung di Desa Wringinagung Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi, Senin 01/12/2020).

Acara Pembinanaan Budidaya Ikan Lele Kangkung ( bak daya lengkung) tersebut diikuti tim penggerak PKK Dasa Wisma dan masyarakat Desa wringinagung terutama warga sekitar waduk Lecari.

Pelaksana pembina teknis budidaya ikan lele lekung dari Dinas Perikanan Banyuwangi mengatakan bahwa pemkab terus mendorong peningkatan konsumsi ikan di kalangan masyarakat.

“Budidaya ikan secara mandiri adalah salah satu cara yang bisa dilakukan warga untuk meningkatkan konsumsi ikan,” kata dia.

“Seperti lewat bak daya lekung, dimana dalam satu bak seseorang bisa beternak lele sekaligus bertanam kangkung untuk konsumsi sehari-hari,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Desa Wringinagung juga menyampaikan jika ini adalah bagian dari upaya Pemkab Banyuwangi dalam rangka peningkatan ketahanan pangan warga.

“Di masa pandemi ini, kita harus lebih kreatif sehingga bisa tetap produktif dalam situasi sulit ini. Ya seperti budidaya lewat bak daya lekung ini,” kata Kepala Desa.

Kabarnya, Dinas Perikanan Banyuwangi memang sengaja menggelar acara Pembinaan Budidaya Ikan Lekung ini didekat Waduk Lecari selain sebagai sarana promosi wisata, juga untuk mengenalkan kuliner ikan yang dikelola warga setempat. Selain juga lokasinya yang nyaman karena masih alami dan sejuk. *