Pilih Jurusan Vokasi, Bisa Langsung Kerja atau Usaha Mandiri

0
29

BANDUNG – Apa sih jurusan atau program studi vokasi relevansinya dengan dunia industri atau mau bikin usaha mandiri?
Dari waktu ke waktu jurusan vokasi semakin banyak diminati para calon mahasiswa, kenapa demikian, karena jurusan vokasi lebih banyak melakukan simulasi praktik nyata pada tugas dan karya saat dilakukan di bangku kuliah. Tentu jadi sangat mengasikan bagi para peserta pada setiap mata kuliah. Apa saja yang harus diketahui pada jurusan vokasional itu?

Pertama, kuliah vokasi lebih banyak praktik di laboratorium, studio, bengkel dan lapangan saat praktik kerja nyata. Tidak heran jika setiap lulusan akan terus banyak terpakai di beberapa perusahan sebidang dengan jurusannya.
Kedua, selain melahirkan para ahli terapan juga diberi tambahan ilmu pengetahuan/ wawasan dan sikap yang cakap dan baik untuk mengatur ritme dalam alur proses kerja sesuai dengan prosedur ketetapan pekerjaan.

Ketiga, jurusan atau program studi khusunya di perguruan tinggi program vokasional wajib lulus tepat waktu dari sejumlah sks per semester yang telah ditentukan atau dapat mempercepat ke lulusan dari biasanya.

Ketiga urusan proses studi diatas lebih banyak diminati para calon mahasiswa sekarang. Selain itu juga, para pengajar di jurusan vokasional selalu di buat kombinasi tenaga pendidik, yakni antara dosen dan praktisi dari kalangan industri terkait. Tentu hal ini akan jadi lebih cepat menerima adaptasi karena para praktisi melakukan keterlibatan langsung dengan para mahasiswa. Selain proses pratika di lab atau studio yang tidak kalah menariknya adalah proses belajar dengan model konsultasi, dimana setiap mahasiswa mendapat bimbingan secara intens.

Ilmu dan pengetahuan yang mereka pelajari cenderung lebih fokus  mengedepankan praktik dengan topik yang lebih spesifik terhadap kasus nyata Sebagai contoh, pada jurusan atau program studi Multimedia; seperti menekuni Character Design dan Editing dan Visual Effect serta masih banyak lagi yang dapat menjadi bekal sebagai keahlian khusus itu.

Pendidikan vokasi ini akan mendapatkan gelar Ahli Madya untuk jenjang diploma (D3), sedangkan jenjang (D4) akan menyandang Ahli dengan gelar Sarjana Terapan.

Oh yaa, untuk D3 bisa keluar dulu untuk kerja atau lanjut studi ke D4 dinamakan terminasi jenjang (D3/D4). Program terminasi ini sebagai jeda atau antara bekerja dahulu setelah lulus D3 atau terus melanjutkan ke D4.

Lalu jika ingin studi lanjut ke program magister bagaimana? tentu bisa lanjut ke S2 atau Spesialis (Sp2), untuk yang terakhir ini belum banyak diselenggarakan baik perguruan tinggi negeri atau swasta.

Dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, diperkenalkan standar kompetensi multimedia, perangkat lunak, animasi, produksi siaran televisi, dan
produksi sebuah film.

Penyelenggara pendidikan vokasi bidang studi dan keahlian profesi terapan untuk bidang Desain Komuniasi Visual itu baru ada di Universitas Widyatama dengan 3 jurusan atau program studi unggulan  yakni: program studi Desain Grafis (D4), program studi Multimedia (D3) serta program studi Film dan Televisi (D4) khususnya di Kota Bandung.

Tips memilih pendidikan vokasi; memilih atau pilih jurusan atau program studi yang diminati. Perhatikan jenjang diploma (D3) atau diploma (D4), lihat kurikulum, karena akan memperlihatkan sejumlah mata kuliah yang banyak digemari atau tidak.
Kalian boleh tanya dosen dan praktisi pengajarnya. Lihat lab dan sarana kampusnya asik gak buat kamu belajar. Dan yang terpenting lainnya kalian harus menghitung dan merencanakan anggaran kuliah selama waktu jenjang 3 atau 4 tahun itu supaya kalian tidak melakukan keluar saat proses studi dari kampus tersebut. Selamat untuk memilih dan meraih sukses di bangku kuliah vokasional.

Sumber: DKV UM, Kamis (18/02/2021)

Reporter: Achmad/Edison