50 KK Warga Kelurahan Lanjas Barut Direlokasi ke Lingkar Kota

0
39

BARITO UTARA – Sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) di RT 05 dan 06 Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalteng, rumahnya akan direlokasi ke Jalan Lingkar Kota. 

Relokasi rumah mereka dilakukan karena saat ini tim teknis gabungan terdiri dari Dinas PUPR, Kelurahan Lanjas, ATR-BTN, Pemerintah Kabupaten Barito Utara, telah mendata dan mulai melakukan penghitungan nilai aset milik 50 Kepala Keluarga (KK) warga RT 05 dan 06 di Kelurahan Lanjas. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Barito Utara, M.Iman Topik, melalui aplikasi WhatsApp (WA) Sabtu (27/21) kemarin dulu mengatakan, sejak Jumat (26/2) telah dilakukan 
koordinasi dengan pihak Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Barito Utara. 

“Bidang Sumber Daya Air (BSDA), Dinas PUPR melakukan pematokan untuk mengetahui dan menandai batas tanah yang akan dilakukan pemindahan serta pendataan dan verifikasi terhadap aset berupa tanah, tanam tumbuh dan bangunan maupun aset berharga lainnya oleh tim gabungan dari instansi teknis,” kata Iman Topik.

“Sebanyak 50 KK warga RT 5 dan RT 6, Kelurahan Lanjas direlokasi ke jalan lingkar kota, di karenakan tanah mereka terkena proyek pembuatan siring atau turap beton sepanjang 476,7 meter di Kelurahan  Lanjas tepatnya di tepian Sungai Barito,” ungkapnya.
 
Sebagai program nyata dari Pemerintah Daerah Barito Utara, membangun dan pembenahan kawasan water front city (WFC) atau kawasan depan Sungai Barito di wilayah Kelurahan Lanjas, Muara Teweh pada tahun 2021.

“Guna keperluan itu, Pemkab Barito Utara mengalokasikan dana sebesar Rp.42,7 milyar rupiah dan pembenahan dilakukan pada kawasan jalan Keladan Kelurahan Lanjas Muara Teweh,” jelas Kadis PUPR.  (SS).