Pemkab Barito Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana Secara Virtual

0
34


 
BARITO UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) tahun 2021, secara virtùal via zoom meeting di Rumah Jabatan Bupati Barito Utara, Rabu (3/3/2021). Rakornas tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo di Jakarta.

Rakornas secara virtual itu, diikuti Sekretaris Daerah Barito Utara, Ir. H. Jainal Abidin, M.AP, Dandim 1013 Muara Tewe, Kapolres Barito Utara serta unsur pimpinan perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara.

Presiden RI menyampaikan perintah kepada pemerintah pusat maupun daerah dalam penanggulangan bencana. Pertama, seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama bersinergi dalam  upaya pencegahan dan meningkatkan kesiapsiagaan. Pemerintah Daerah perlu melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana.

“Lagi, sigap terhadap potensi ancaman bahaya sesuai dengan karakteristik wilayah, baik itu geologi, vulkanologi, limbah, hidrometeorologi, biologi, pencemaran lingkungan,” ujar Presiden.

“Setiap Gubernur, Bupati dan Walikota harus segera menyusun rencana kontinjensi, termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan, yang dapat betul-betul dilaksanakan oleh semua pihak dan harus siap menangani bencana secara tuntas,” tegasnya.

Jokowi mengajak seluruh pihak agar mencari solusi yang konstan dalam menangani permasalahan bencana. “Hal ini penting dilakukan, agar bencana serupa tidak terjadi secara berulang-ulang,” sebutnya. 

“Penanganan bencana juga tidak bisa hanya diatasi dengan berbagai pembangunan fisik sarana dan prasarana, tetapi juga perlu didukung dengan penerapan solusi pencegahan bencana yang lebih permanen. Sinergitas lintas kementerian, lembaga ataupun instansi pemerintah lain serta kesadaran masyarakat pun diperlukan dalam hal ini,” jelas Presiden RI. (SS).