Hasil Rapat Musyawarah Pemilihan, Suhaidy Pjs. Damang Teweh Timur

0
37

BARITO UTARA -Sehubungan dengan telah berakhirnya masa jabatan Damang Kepala Adat, Kecamatan Teweh Timur priode 2015 sampai dengan tahun 2020 atas nama Thomas, sehingga terjadi kekosongan jabatan Damang Kepala Adat di Teweh Timur.

Hal tersebut,mengacu kepada peràturan Daerah Barito Utara nomor.01 tahun 2002 tentang pembentukan kelembagaan dan pemberdayaan Adat.Bab XII pasal 32 ayat (2) huruf b.

Perda nomor.16 tahun 2008 tentang kelembagaan Adat Dayak di Kalteng.pada pasal 13 ayat(2)huruf a dan pasal 15 ayat 1,2,3 dan ayat 4, maka dapat diangkat pejabat Damang Sementara Kepala Adat.

Pemerintah Kecamatan Teweh Timur,Kabupaten Barito Utara(Kalteng), telah Mengelar rapat musyawarah pemilihan Pejabat Sementara (Pjs)Damang Kepala Adat di tingkat Kecamatan dengan telah terdaftar ada dua nama calon Pjs.Damang yaitu,Suhaidy dan Sefendi.Musyawarah dilangsungkan pada Aula Kantor Camat Teweh Timur,Kamis(29/4/21).

Camat Teweh Timur,Winardi,SE mengatakan,melalui musyawarah  pemilihan dan atau secara voting oleh 28 peserta rapat yaitu,Kepala Desa,Ketua BPD,perwakilan tokoh masyarakat dari 12 Desa se-Kecamatan Teweh Timur,telah menghasilkan,Suhaidy sebagi Pjs.Damang Kepala Àdat Kecamatan Teweh Timur.

“Suhaidy Sebagai Pjs.Damang Kepala Adat Benangin Kecamatan Teweh Timur, mendapatkan 19 suara terbanyak sedangkan Safendi hanya mendapatkan 9 suara saja,”ungkap Camat Teweh Timur.

Dalam kesimpulan rapat musyawarah pemilihan Pjs.Damang Kepala Adat bahwa,seluruh peserta yang telah menghadiri rapat muayawarah sepakat,untuk menyetujui usulan Camat Teweh Timur bahwa hasil rapat ini,akan disampaikan ke Bupati Barito Utara,Kepala Dinas SosPMD dan Ketua DAD Barito Utara,”jelas Winardi.

Setelah melalui pemilihan bahwa,Suhaidy mendapat suara terbanyak itu menjadi keputusan akhir dari muasyawarah maka, penetapan sebagai calon Pejabat sementara. Damang Kepala Adat Kecamatan Teweh Timur, yang akan diusulkan  kepada Bupati Barito Utara,agar diterbitkan Surat Keputusannya.  (SS).