Wabup Jember Berharap Pesantren Bisa Edukasi Masyarakat tentang Vaksinasi sebagai Upaya Percepatan

0
491

Jember – Wakil Bupati Jember MB Firjaun Barlaman berharap semua pesantren menggelar vaksinasi sebagaimana yang dilakukan PP. AS-Sunniyah Al-Jauhari. 

“Karena kalau di pondok sudah berkumpul tinggal Nakesnya saja yang datang, harapanya nanti kedepan kami semua bisa menirunya,” Kata Wabup yang akrab disapa Gus Firjaun, Rabu,(25/8/2021).

Vaksinasi di pesantren, kata dia, merupakan upaya percepatan, di Jember kesadaran masih rendah, maka dari itu harus diberikan edukasi dan semua elemen turut membantu agar program vaksinasi ini cepat terlaksana dengan baik.

“Saat ini perlu digalakkan vaksinasi termasuk pemindahan dari isoman ke isoter dan juga persiapan obat-obatan. Ini untuk mengatasi Pandemi agar segera terputus penyebarannya,” ucapnya. 

Sejauh ini kesediaan vaksin sekitar 40-50 ribu dan sebentar lagi datang lagi, kalau datang langsung di distribusikan serta setiap kegiatan bukan hanya dari Dinkes tapi melibatkan Kodim dan Polres, semua dalam rangka percepatan di semua lini. 

Gus Firjaun menghimbau, agar masyarakat jangan terpengaruh dengan berita hoax soal vaksin, 

“Kita mewajibkan, kalau pun tidak mau terserah akan tetapi resikonya ditanggung sendiri,” terangnya.

Menurut Gus Firjaun vaksin ini diikuti oleh para kiai serta para ulama, mereka menyebutkan bahwa vaksin ini halal tidak benar kalau ada isu dari bahan-bahan yang najis dan lain sebagainya, “Itu tidak benar,” tegasnya. 

Pengasuh PP. AS-Sunniyah Al-Jauhari, Gus Ghonim Jauhari mengatakan, siswa yang didaftarkan 400 sekian. Kalau jumlah santri sekitar 5000 namun tidak mungkin bila divaksin dalam waktu bersamaan. 

“Untuk menjaga agar tetap mematuhi Prokes, kalau dilangsungkan bersamaan kasihan Nakes, beban bagi mereka, dan kita juga menjaga agar tidak terjadi kerumunan,” Tegasnya. (son)