Diduga Maraknya isu calo pembuatan paspor di Imigrasi Karimun yang mematok beragam tarif

0
922

Tanjung Balai Karimun, Pada hari Rabu, tanggal 04 Januari 2022 telah di telusuri adanya calo-calo yang beredar di imigrasi karimun mematok harga seperti pembuatan paspor, double data paspor, paspor hilang, dst dengan mematok harga yang bervariasi sekitar 1jt, 1,5jt 2jt, 2,5 bahkan ada yang sampai 3jt. ironi nya ada paspor yang siap hanya dalam jangka waktu 1 hari, mengeluarkan sejumlah uang dengan alasan berobat karena sakit dengan mengambil surat sakit dari dokter padahal tidaklah benar, sesampainya di malaysia bukanlah untuk berobat tetapi bekerja.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 18 Tahun 2022 Pasal 22, proses penerbitan paspor biasa paling lama 4 (empat) hari kerja sejak selesainya pemeriksaan terhadap permohonan dan dokumen kelengkapan persyaratan. Sebagai contoh, jika permohonan paspor dilakukan pada hari Senin tanggal 02 Januari 2023, maka paspor jadi dapat diambil pada hari Jumat tanggal 06 Januari 2023. Lama pengurusan permohonan paspor tersebut tidak berlaku bagi permohonan penggantian paspor hilang maupun rusak, yaitu 4 – 8 hari.

Paspor merupakan dokumen yang wajib dimiliki seseorang melintasi suatu negara. Paspor saat ini menjadi salah satu dokumen yang sangat populer. Namun pada faktanya pembuatan paspor di Imigrasi karimun tidak tentu ada yang cepat dan ada pula yang lambat. Pembuatan paspor yang menggunakan calo akan merugikan masyarakat dengan biaya berkali lipat.

Diminta agar ditjen imigrasi untuk Sidak & audit di Imigrasi karimun yang di duga adanya calo-calo yang beroperasi di sekitaran kantor imigrasi karimun.
Untuk proses membuat paspor yang sesuai prosedur saat ini dengan tarif normal 350rb menurut PP No 10 Tahun 2015 tarif pembuatan paspor baru sebesar Rp 335.000 ,lanjutnya cukup mudah dengan mendaftar dulu di e-Paspor, dijadwalkan untuk ke kantor. Kalau untuk pembayarannya langsung melalui Bank, setelah itu baru ke kantor Imigrasi untuk pembuatannya (Darwis)