WARGA DESA SUMBEREJO APRESIASI BEDAH RUMAH TIDAK LAYAK HUNI

0
185

Gempur News Com Pasuruan. Warga Desa Sumberejo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan mengapresiasi kegiatan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) dari pemerintah. Kasiyanto warga penerima RTLH mengatakan program bedah rumah tidak layak huni yang diluncurkan oleh Pemerintah sangat besar manfaatnya. “Sebelumnya kondisi rumah saya banyak yang atapnya bocor, dindingnya rapuh saat ini sudah berubah menjadi rumah sehat dan layak untuk dihuni oleh anggota keluarga kami,” ujar kasiyanto.

Hal serupa juga disampaikan oleh Nurhasim, salah seorang penerima bedah rumah tidak layak huni, dirinya mengatakan sangat berterimakasih kepada pemerintah atas bantuan tersebut karena program ini dinilainya sangat tepat untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah yang membutuhkan tempat tinggal yang layak sebelumnya ia dan anggota keluarganya menghuni rumah berlantaikan tanah dengan kondisi dinding rumah yang sudah rapuh kini setelah menerima program bedah rumah tidak layak huni keadaan rumahnya sudah memenuhi standar rumah yang layak huni, tutur nurhasim.

Ditempat terpisah, Sakri Kepala Desa Sumberejo saat memantau pelaksanaan bedah rumah tidak layak huni menjelaskan warga masyarakatnya mendapatkan program bantuan bedah rumah (RLTH) dari dinas cipta karya sebanyak 10 rumah, dari BPDB sebanyak 1 rumah, dari KODIM 0819 Pasuruan sebanyak 67 rumah dan disusul sejumlah 8 rumah yang dianggarkan dari dana desa (DD) tahun 2017.

Sakri mengaku dirinya hanya bertindak sebagai fasilitator, alhamdulillah program ini berjalan dengan baik dan lancar, semoga program bedah rumah tidak layak huni bisa berkesinambungan harapannya di tahun yang akan datang bantuan bedah rumah ini bisa ditambah jumlahnya dari tahun sekarang. “Pihak pemerintah desa juga sedang mengusulkan program bantuan bedah rumah tidak layak huni melalui program BSPS dari kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang sedang ditunggu-tunggu realisasinya oleh warga desa usSmberejo,” ungkap Sakri. (Hari)