Sadar Pajak Desa Dapat Membangun Desa Sukomaju Dapatkan Reward PBB Empat Kali Berturut

0
149

Banyuwangi. Gempurnews.com.
Demi pengembangan pembangunan desa Pemerintah Desa Sukomaju Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi terus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kewajiban pajak terutama PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), menyadari pajak adalah penghasilan utama sebuah negara yang bukan berarti semata untuk kepentingan pemerintah, melainkan dari rakyat kembali kerakyat.

Lebih jelasnya pajak yang telah kita bayarkan semua akan kembali pada kita, walau terkadang secara individu kita tidak merasakannya langsung. namun jika kita cermati, pembangunan infrastruktur trasportasi meliputi darat laut dan udara, bahkan sampai kepelayanan masyarakat. pendidikan maupun kesehatan semua itu tidak akan terlaksana tanpa adanya kesadaran masyarakat terhadap pajak.

Hal ini yang selalu di tekankan oleh setiap kepala pemerintahan, tidak terkecuali pemerintah desa.
Sishadi Wiyono, SE, Kepala Desa Sukomaju bersyukur memiliki masyarakat yang mayoritas petani. pasalnya tidak butuh susah payah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pajak/PBB. masyarakat akan dengan sukarela melunasi kewajibannya bila mana usaha pertanian mereka berketepatan panen.

Adapun bila tidak bersamaan panen Sishadi kepala desa siap menalangi, ” itu pun tak banyak dan pasti kembali saat panen tiba”, tutur kepala desa saat di temui di kantornya.

Alhasil dari kerja keras pemerintahan desa dan kesadaran diri masyarakan desa sukomaju atas kewajiban PBB di bawah pimpinan Sishadi Wiyono, SE Desa Suko Maju berhasil mendapatkan rengking pajak dan secara langsung berhak mendapat dana Reward PBB, itu berulang kali sampai empat kali berturut sejak tahun 2014 sampai 2017.

Namun di tahun ini beda dengan tahun – tahun sebelumnya, di tahun 2017 desa Sukomaju mengupayakan dana Reward PBB untuk pengembangan pembangunan infrastruktur kantor desa. bilamana di tahun 2014- 2015 dan tahun 2016 Pemerintah Desa Sukomaju mengalokasikan dana reward PBB dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, untuk pembangunan proyek pavingisasi, Saluran air, PA (Pembagian Air)/pembangunan DAM kecil yang tujuannya untuk mempermudah pembagian air kesawah-sawah,dan di bagi kedusun -dusun yang ada di Desa Sukomaju, diantaranya Dusun Sukolilo, Dusun Kaligoro dan Dusun Sukorejo untuk pembangunan infrastruktur jalan – jalan lingkungan seperti pavingisasi.

Seperti perencanaan sebelumnya pada tahun 2017 dana reward akan di fokuskan untuk renovasi kantor lembaga, di antaranya kantor Babinsa, Bhabinkamtibmas, PKK, LPMD dan BPD.

Alasan pemerintah desa perihal alokasi dana reward seluruhnya di alokasikan untuk pembangunan kantor lembaga di karenakan hanya pada dana reward yang dapat di alokasikan untuk pengembangan dan pembangunan infrastruktur kantor desa.

Sementara Dana Desa (DD) hanya untuk pengembangan infrastruktuk di luar kantor desa dan pemberdayaan masyarakat. Sedang ADD pun tidak mencukupi untuk renofasi dengan nilai besar karna seluruhnya di fokuskan untuk operasional dan kesejahteraan perangkat desa maupun RT/RW, dan alasan ke dua mengapa seluruhnya dana reward PBB fokus pada pembangunan kantor lembaga, hal ini di sebabkan dana reward PBB yang di terima tidak sama besar dengan tahun – tahun sebelumnya.

Walau Desa sSukomaju peringkat satu di Kecamatan Serono dan peringkat 30 besar di tingkat Kabupaten Banyuwangi tahun ini dana reward yang di anggarkan pemerintah tidak 100% turun pada desa yang mendapatkan reward. Namun dana itu berapa prosennya akan di bagi untuk semua desa yang tidak termasuk pada rengking, bahkan desa yang tidak dapat melunasi PBB pun akan mendapatkan namanya dana bagi hasil pajak nominalnya tidak begitu jelas.

Itu lah yang membuat dana reward tahun ini semakin menurun. Untuk saat ini desa sukomaju hanya mendapat sekitar 40% dari nominal baku pajak sejumlah Rp160.800.000,00, maka dari itulah dan yang minim itu hanya dapat di fokuskan pada satu titik pembangunan, bahka kemungkinan dananya hanya akan cukup untuk renovasi, pengembangan atas bangunan dan terasa tidak sampai renofasi total.
Namun pemerintah desa Sukomaju tetap bersyukur, pasalnya atas kesadaran masyarakat akan pajak, desa sukomaju dapat membangun desa lebih baik, pungkas Siswohadi. (*/seagate)