Satgas Covid Bondowoso, Segera Lakukan Operasi Yustisi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

0
10

 

BONDOWOSO – Sesuai dengan perda jatim no 2 dan pergub no 53 tahun 2020 serta perbub no 50 tahun 2020. tentang tatanan pola hidup baru selama pamdemi covid 19, maka di kabupaten bondowoso, dipandang perlu adanya tindakan atau denda pagi masyarakat yang tidak mengunakan masker bagi pengguna jalan dan tempat keramaian.

Satgas Covid-19 Kabupaten Bondowoso, akan melaksanakan operasi yustisi (penindakan secara hukum) bagi pelanggar protokol kesehatan, khususnya bagi yang tidak menggunakan/pakai masker. Penindakan tersebut akan dimulai Selasa (15/9/2020)

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, bahwa pertama Pemkab melakukan penegakan disiplin protokol Covid-19. Hal itu sesuai Perda Jatim nomor 2 dan Pergub nomor 53 Tahun 2020. Serta Perbup (Peraturan Bupati) nomor 50 Tahun 2020.

Menurutnya, sosialisasi dilaksanakan dalam 10 hari ke depan. Sementara dalam Perbup belum diatur sanksi denda. Namun dalam Pergub nomor 53, disesuaikan dengan kondisi masyarakat Bondowoso.

“Maka bagi mereka yang tidak menggunaka masker, akan di tindak, langkah awal akan diberikan sanksi sosial.

Membersihkan jalan, membaca teks Pancasila dan sebagainya,” papar Irwan bachtiar ”

Baru setelah 10 hari sosialisasi, akan dilakukan penindakan berupa sanksi denda uang sesuai Pergub nomor 53.
dalam Pergub dendanya minimal Rp 250 ribu. Tapi ini akan kita lakukan pembahasan, disesuaikan dengan Perda ketertiban umum yang sudah kita miliki” imbuhnya”.

Menurutnya, denda Rp 250 ribu untuk warga Bondowoso tidak memungkinkan, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Maka akan disesuaikan mulai Rp 10 ribu sampai Rp 50,

Penindakan disiplin Protokol Covid-19 khusnya bagi warga yang tidak memakai masker, akan melibatkan Pol PP, TNI-Polri dan pihak yang berwenang lainnya.

Adapun penindakan dilakukan kepada pengguna jalan, tempat-tempat keramaian, kemudian pasar, tempat usaha dan sebagainya.(ARI)