Pemdes Cindogo Gelar Musdes (RKP Desa)Tahun 2021

0
38

BONDOWOSO – Menindaklanjuti Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa Cindogo, Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso mengadakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2021, Rabu (16/9/2020).

Agenda musyawarah ini fokus pencermatan Dokumen RPJMDesa, adanya Tim Penyusun RKP Desa sekaligus pembahasan prioritas rencana kegiatan pembangunan untuk tahun 2021.

Camat Tapen M Sadiq, menyampaikan harapannya agar perencanaan kegiatan pembangunan desa Cindogo bisa maksimal dan sejalan dengan rencana kerja kabupaten.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar ditemukan titik temu prioritas usulan desa dan juga sinkronisasi perencanaan pembangunan desa dengan pemerintah kabupaten,” terang Camat.

Pemerintah Desa wajib menyusun RKP-Desa sebagai penjabaran RPJM-Desa. RKP-Desa disusun oleh Pemerintah Desa sesuai informasi dari pemerintah daerah kabupaten/kota berkaitan dengan pagu rencana pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten.

Disamping Musdes Pemdes Cindogo juga membagikan tiga ribu masker untuk warganya, ini semata mata bentuk kepedulian Pemdes Cindogo kepada warga untuk memerangi dan upaya memutus mata rantai wabah wirus covid 19 dan semoga wabah ini cepat berakhir. “Tegas M Sadiq.

Kepala Desa Cindogo Faruq Amrullah menjabarkan bahwa kegiatan yang di mulai bulan ini sebelumnya telah dibentuk Tim Penyusun RKP Desa.

“Tim sudah berjalan, mulai pencermatan pagu dana dan penyelarasan program/kegiatan yang masuk ke desa, pencermatan ulang dokumen RPJM Desa,
penyusunan rancangan dan daftar usulan RKP Desa,” terang Kades.

Faruq Amrullah Kades Cindogo, berharap agar RKP 2021 benar-benar menjadi prioritas warga desa yang bisa membawa manfaat bagi semua.

“Sesuai dengan Permendagri dan Permendes, target kita penyusunan RKP-Desa harus tuntas,” terangnya.

Selanjutnya hasil kesepakatan musyawarah desa RKPDesa dituangkan dalam berita acara. Kepala Desa mengarahkan Tim penyusun RKP-Desa melakukan perbaikan dokumen rancangan RKP-Desa berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah.

rancangan RKP-Desa menjadi lampiran Rancangan Peraturan Desa tentang RKP Desa, Kepala Desa menyusun rancangan Perdes RKP Desa yang akan dibahas dan disepakati bersama oleh kepala Desa dan BPD untuk ditetapkan menjadi Peraturan Desa RKP Desa.

Dalam pantauan media gempurnews, kegiatan yang dilakukan bersama BPD, Tim Penyusunan dan seluruh unsur masyarakat desa, tokoh agama, pemuda, RT, tokoh perempuan dan tokoh masyarakat lainya tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, muncuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.( jun).