Hari Pahlawan, Forkompimda Lumajang Gelar Upacara Ziarah di TMP “Kusuma Bangsa”

0
11

LUMAJANG – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke – 75, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang melaksanakan Upacara Ziarah Makam Pahlawan Nasional bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) “Kusuma Bangsa”, Selasa (10/11/2020).

Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 ini dipimpin oleh Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Andi Andriyanto Wibowo bertindak sebagai inspektur upacara.

Usai melaksanakan upacara ziarah, Bupati Lumajang dan Wakil Bupati Lumajang bersama unsur Forkopimda melakukan penaburan bunga dan memanjatkan do’a di makam para pahlawan sebagai bentuk penghormatan dan mengenang kembali jasa para pahlawan terdahulu.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang berpesan kepada masyarakat agar mengisi Hari Kemerdekaan dan Hari Pahlawan dengan hal yang positif. Seperti halnya dengan menjaga NKRI, Pancasila dan Kebinekaan, hal itulah yang harus terus dikuatkan dan diperjuangkan.

“Kita tidak boleh melupakan jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” pesan bupati.

Selanjutnya, ia menjelaskan peringatan Hari Pahlawan harus tetap dilaksanakan, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada Tanggal 10 November sendiri bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang demi mewujudkan kemerdekaan negara. Hari Pahlawan dijadikan momen untuk mengenang kembali jasa para pahlawan untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia dari penjajahan.

Wakil Bupati Lumajang mengungkapkan, Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai pengingat bagi masyarakat terkait perjuangan pahlawan terdahulu. Menurutnya, semua manusia adalah pahlawan dari keluarga, lingkungan, bangsa dan negara. Termasuk perempuan, karena perempuan merupakan pahlawan bagi putra-putrinya. “Seorang ibu mendidik putra-putrinya untuk menjadi masa depan bangsa dan negara,” tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0821 Lumajang mengatakan, Hari Pahlawan merupakan wujud penghargaan kepada jasa para pahlawan, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang masih menghargai jasa para pahlawannya. “Seperti saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, pahlawan atau garda terdepan kita saat ini adalah tenaga kesehatan. Kami TNI-POLRI beserta Pemerintah Daerah siap membantu para tenaga kesehatan dalam menangani Covid-19,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Kapolres Lumajang mengingatkan agar jangan sekali-sekali melupakan sejarah dan jasa para pahlawan, karena dengan sejarah semua dapat mengetahui tuntunan dan tatanan yang sudah pernah dilakukan oleh para pahlawan. Dengan begitu, harapannya kedepan semuanya akan lebih terarah. (birolumajang)