Bupati Temanggung Dorong Kerjasama Investor Tingkatkan Potensi Lokal

0
42

TEMANGGUNG – Bupati Temanggung M Al Khadziq mendorong para investor yang hendak masuk ke daerahnya agar bekerja sama dengan potensi lokal.

Hal itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus membuka lapangan kerja, agar masyarakat terlibat langsung dan tidak hanya sebagai buruh.

“Perusahaan yang akan masuk ke Temanggung saya harap bisa bekerja sama dengan potensi lokal. Apabila ada sumberdaya di Temanggung hendaknya mengambil dari sini saja,” katanya, usai membuka rapat koordinasi perizinan Kabupaten Temanggung dalam rangka percepatan pelaksanaan berusaha, di Aula Pendopo Jambu Klutuk Parakan, Selasa (16/3/2021).

Khadziq mencontohkan, pabrik sepatu di Bengkal kalau mencari bahan baku, seperti kulit dan busa mungkin tidak ada di Temanggung.

Tetapi untuk katering, masih kata dia, suplai barang-barang yang ada di Temanggung, hendaknya bekerja sama dengan potensi lokal atau UKM.

“Demikian juga dengan pabrik-pabrik yang lain, tolong nanti Dinas Penanaman Modal juga selalu sampaikan bahkan hal-hal seperti ini menjadi bagian dari komitmen yang termaktub dalam dokumen-dokumen perizinan yang diberikan,” tambahnya.

Ia mengatakan, hal ini menyangkut pola hubungan antara investasi dengan masyarakat agar saling menguntungkan.

Ia menjelaskan bahwa potensi karakter masyarakat Temanggung yang sangat permisif atau terbuka.

“Ini tentunya baik untuk pengembangan investasi. Saya belum pernah mendengar di Temanggung ada investasi masuk ditolak oleh masyarakat,” paparnya.

Khadziq menambahkan, potensi yang strategis harus didorong dengan upaya-upaya promosi dan membuat perencanaan pengembangan investasi di Kabupaten Temanggung dengan konsep berimbang. (bir)