Jembatan Bersumber Dari DAU Kabupaten Telah Selesai Loading Tes

0
11

BARITO UTARA –Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah(DPUKalteng)H. Shalahudin mengatakan, pembangunan jembatan penyeberangan ini di laksanakan mulai dari tahun 2015 yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) Kabupaten Barito Utara, yang didahului dengan pemasangan pondasi dan tiang pancang.

 
“Dalam pembangunan jembatan penyeberangan Muara Teweh-Jingah ini, saya mengikuti dari awal. Dan bentang tengahnya ini lebih dari 100-120 meter. Dalam pembangunan jembatan harus ada izin dari Komisi Keamanan Jembatan,”kata H. Shalahudin.

 
Waktu itu kata dia,dirinya bersama Kabid Bina Marga pak Rody melakukan konsultasi ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,melalui Direktorat Jendral Bina Marga di Jakarta terkait izin pembangunan jembatan penyeberangan .

 
“Alhamduilillah saat itu, mereka mengawal kita sampai perencanaan akhir. Untuk bangunan bawah dikerjakan melalui dana DAU kabupaten,kemudian dipertengahan pekerjaan kontruksi pembangunan jembatan ini Pemerintah Provinsi Kalteng membantu pengadaan rangka baja,dan pemasangan di kerjakan oleh Kabupaten Barito Utara,”imbuhnya.

 
Jadi jelasnya,yang dibantu oleh pihak Pemprov Kalteng sebesar Rp.30 milyar,dari total Rp.103,8 milyar.Namun teknis pihaknya(Dinas PU Kalteng)selalu memonitor pekerjaan pembangunan jembatan penyeberangan Muara Teweh-Jingah ini,”sambungnya.

 
“Dan pada hari ini Sabtu 24/10,Alhamdulillah, sebelum jembatan difungsikan harus dilakukan loading tes terlebih dahulu.Kita melihat kekuatan struktur daripada fisik jembatan,dan dilihat juga dari beban dinamisnya,beban statis ketika jembatan itu dilewati Dump truk yang membawa muatan,pasti kelihatan reaksi dan pergerakannya setelah dilakukan uji coba,”ungkap H.Shalahudin.

 
Menurut mantan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Barito Utara ini,jembatan yang sudah aman untuk dilalui.Karena sesuai dengan uji coba jembatan, beban dinamisnya lebih kurang 2,0 sekian dan yang di izinkan 1,8,artinya aman untuk digunakan.

 
Shalahudin juga menjelaskan bahwa Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberikan tugas kepada dirinya untuk datang ke Barito Utara,beliau sangat fokus sekali dengan pembangunan jembatan penyeberangan Muara Teweh-Jingah ini,yang merupakan akses bagi warga Barito Utara untuk berbelanja ke Mini Grosir dan Pasar Pendopo.  (SS).