Guguran Abu Gunung Sinabung Teramati jelas

0
384

MEDAN – Guguran abu Gunung Sinabung teramati jelas dengan jarak luncur 500 hingga 1.500 meter mengarah ke timur, tenggara, dan selatan, Kamis (4/2/2021)

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin, ketika dihubungi dari Medan, dikutip dari Antara.

Natanail menyebutkan, asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 200-500 meter di atas puncak kawah.

“Cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat dan barat laut. Suhu udara 16-25 derajat Celcius,” ujarnya.

Gunung Sinabung yang ada di Kabupaten Karo Sumatera Utara tersebut memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl), saat ini berada pada status Level III (Siaga).

Warga maupun petani direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di lokasi dalam radius 3 km dari puncak gunung, selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. *
Sumber Antara